Pelatihan Pengelolaan Website Desa

Rabu, (17/01), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dispermades) Kabupaten Pemalang dan Puspindes mengadakan “Pelatihan Pengelolaan Website Desa” di Pendopo Kecamatan Taman. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari 11 desa yang ada di Kecamatan Taman, Pendamping Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Taman. Pelatihan ini dipandu oleh Faur Rasyid (Tim Puspindes).

Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan keaktifan website desa yang sudah dibuat sebelumnya sebagai Sistem Informasi Desa (SID). Dengan adanya pelatihan ini diharapkan website desa dapat kembali aktif dan selalu update  dengan keadaan/ kemajuan real yang ada di desa. Dalam kegiatan ini peserta dilatih skill nya untuk dipersiapkan sebagai admin masing-masing desa.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Camat Taman yang diwakili oleh Kasi PMD Kecamatan Taman dan disambung dengan sambutan dari perwakilan Dispermades. Selanjutnya acara dihandle oleh pemateri utama dari Tim Puspindes, yaitu Faur Rasyid, dkk. Faur memaparkan materi mengenai Jurnalisme Warga. Materi dilanjutkan oleh Zen yang memaparkan materi tentang publikasi berita. Mulai dari pengambilan foto, tata urutan dan cara pembuatan berita, hingga cara mengunggah berita tersebut di website desa. Peserta tampak antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

“Dengan mengikuti pelatihan ini saya dapat terbantu untuk mengurus website desa dan sangat  bermanfaat bagi desa terutama warga, sehingga dapat mengakses semua informasi yang ada di desa”, ujar Iin Nurina Kadus IV Banjardawa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*