Mahasiswa KKN Undip Bentuk Kader Remaja Peduli HIV/AIDS di Jebed Utara

Jebed Utara, Pemalang– Sabtu (20/1) bertempat di Balai Desa Jebed Utara dilaksanakan Pelatihan Kader Remaja Peduli HIV/AIDS oleh tim 1 KKN Undip Desa Jebed Utara. ┬áPelatihan yang dimulai pada pukul 21.00 tersebut dibuka oleh Zakky Ainun Najich selaku ketua pelaksana. Dengan tujuan menciptakan kader remaja peduli HIV/AIDS di desa tersebut, tim 1 KKN Undip Desa Jebed Utara merangkul kelompok Karang Taruna desa yang bernama Karang Taruna Gajanggati. Diketuai oleh Akhmad Fitroh sebanyak 15 anggota Karang Taruna yang mewakili setiap Dusun di wilayah Desa Jebed Utara hadir dan berpartisipasi secara aktif dalam acara tersebut.

Materi dibawakan oleh salah satu anggota tim KKN yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat , Atika Tsurayya. Adapun materi yang dibawakan meliputi pengertian HIV/AIDS, penularan, faktor risiko, pencegahan, serta pembentukan kelompok dukungan sebaya. Antusiasme dari kelompok Karang Taruna begitu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada pembicara. Salah satu anggota Karang Taruna yang bernama Lugas menyinggung mengenai penggunaan ARV sebagai obat bagi kelompok ODHA yang kemudian dijelaskan oleh pembicara.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut dilaksanakan menggunakan media yang variatif, diantaranya adalah video kreatif mengenai pengetahuan umum HIV/AIDS yang mendapat tanggapan baik oleh kelompok Karang Taruna Gajanggati. Pelatihan yang berlangsung selama satu jam tersebut diakhiri dengan pembagian doorprize dan penyematan pin Remaja Peduli HIV/AIDS sebagai simbol pembentukan kader sekaligus kelompok dukungan sebaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*